Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat

Ngelanjutin pendidikan ke perguruan tinggi bisa jadi salah alternatif bagi sobat buat mencapai karir yang baik nantinya. Namun, banyak y...

Ngelanjutin pendidikan ke perguruan tinggi bisa jadi salah alternatif bagi sobat buat mencapai karir yang baik nantinya. Namun, banyak yang bingung menentukan jurusan apa yang mau diambil setelah lulus SMA kelak. Apakah sobat salah satunya? Pada postingan sebelumnya gue ngebahas tentang tips memilih perguruan tinggi. Nah, kali ini gur bakal bagiin tips memilih jurusan kuliah yang tepat.


Sobat perlu menyadari bahwa kuliah bukan segalanya, namun sebagai langkah awal menuju karir sobat yang sebenarnya. Jurusan gak menjamin kesuksesan masa depan. Namun sebagai langkah awal, menentukan jurusan kuliah tetap jadi hal yang penting buat masa depan sobat nantinya. Karena banyak orang merasa kesulitan ditengah jalan, bahkan drop out karena kesalahan memilih jurusan yang tepat.

Nah, apa aja sih rahasianya memilih jurusan kuliah? Berikut ini beberapa tips memilih jurusan kuliah yang tepat:


  • Sesuaikan dengan Minat
Jika sobat akan memilih jurusan kuliah point terpentingnya adalah minat. Yups, pilihlah jurusan kuliah yang sesuai dengan minat sobat. Jangan memilih jurusan yang tidak sobat senangi karena bisa bikin sobat kesulitan dalam menjalani masa perkuliahan. Ini karena gak tertarik terhadap apa yang dipelajari. Beberapa penyebabnya adalah karena ikut-ikutan teman, asal pilih jurusan yang mudah, dan disuruh orang tua.


  • Sesuaikan dengan bakat
Bakat bisa terlahir dari minat, atau sebaliknya, jarang orang yang minat dan bakatnya berbeda. Bakat bisa terlihat dari prestasi apa yang kita capai saat masih sekolah. Kesesuaian bakat bakalan ngembantu sobat dalam ngembanginya dan juga lebih memudahkan sobat dalam perkuliahan.


  • Sesuaikan dengan cita-cita
Coba pikirin bakal jadi apa sobat 5 tahun, 10 tahun dan 20 tahun lagi! Masa itu ditentukan hari ini, saat ini juga. Cita-cita adalah tentang keberanian untuk menggapainya, tentukan cita-cita, dan pilihlah yang paling sesuai dengan diri sendiri .


  • Buat daftar syarat ngendapetin pekerjaan impian
Contoh: klo sobat pengen  jadi games developer, sobat mesti ngerti ilmu komputer dan juga programming. Maka sepertinya jurusan ilmu komputer sangat cocok.


  • Komitmen terhadap konsekuensi dari setiap pilihan
Pertanyaanya adalah seberapa jauh sobat mampu berkomitmen pada jurusan kuliah tersebut. Sudah siapkah mengorbankan waktu demi kuliah dan mempelajari ilmu tersebut? Apa kita cukup sabar dalam menyelesaikan jurusan studi kuliah yang kita pilih hingga memperoleh sarjana? Pastikanlah kita akan selalu berkomitmen sebelum menentukkan jurusan.


  • Kumpulkan informasi sebanyak mungkin
Informasi yang sobat butuhin banyak banget , termasuk artikel yang sedang sobat baca ini. Sebelum memilih jurusan, hendaknya sobat punya informasi yang luas dan detil, mulai dari ilmunya, mata kuliahnya, praktek lapangan, dosen, universitasnya, komunitas sosialnya, kegiatan kampusnya, biaya, alternative profesi kerja, kualitas alumninya, dan masih banyak yang lain.


  • Buat alternatif lain
Sobat sebaiknya mempersiapkan alternatf atau rencana cadangan, sebagai antisipasi kalau sobat gagal memasuki jurusan pilihan sobat. Mungkin sobat mengambil jurusan lain? Atau menunda kuliah tahun ini dan mencobanya di tahun berikutnya? Dengan adanya rencana alternatif maka kita akan lebih percaya diri dan siap secara mental dalam membuka peluang yang pada awalnya tidak kita sadari.

Yups, itu tadi beberapa tips memilih jurusan kuliah yang tepat. Semoga bermanfaat dan ngebantu sobat yang lagi milih jurusan kuliah yang tepat. Kuliah butuh banyak biaya juga waktu yang tidak sebentar. Maka, selagi belum terlanjur, pilihlah jurusan kuliah yang benar-benar tepat buat sobat , jangan sampai nantinya kesulitan atau bahkan putus ditengah jalan.
Buat sobat yang pengen tau tips memilih perguruan tinggi bisa KLIK DISINI

COMMENTS

Name

1000 Masjid,2,Belajar,53,Ceritaku,41,Cinta,3,Diri,13,Gaya Hidup,4,Hiburan,11,Islam,6,Komunikasi,20,Manajemen,9,Motivasi,27,Psikologi,2,Public relations,15,Sahabat,5,Sosial,13,Tips,33,Travel,4,Trending,9,Tutorial,2,
ltr
item
Catatan Sinine: Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat
Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgl452w-PesbR975rLDeIJr7b7X84qHwDSxAHM02tKSXtl87E3nY2WfX7Eh0hd3zx4mKcHXeablJKcNiFYCdsDeN5Ean5p8VJ9NuawZxsQwESurnVkiNzpkfx3jDwlmNWd12gycGEuck6tL/s320/images+%25283%2529.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgl452w-PesbR975rLDeIJr7b7X84qHwDSxAHM02tKSXtl87E3nY2WfX7Eh0hd3zx4mKcHXeablJKcNiFYCdsDeN5Ean5p8VJ9NuawZxsQwESurnVkiNzpkfx3jDwlmNWd12gycGEuck6tL/s72-c/images+%25283%2529.jpg
Catatan Sinine
https://catatansinine.blogspot.com/2016/01/tips-memilih-jurusan-kuliah-yang-tepat.html
https://catatansinine.blogspot.com/
https://catatansinine.blogspot.com/
https://catatansinine.blogspot.com/2016/01/tips-memilih-jurusan-kuliah-yang-tepat.html
true
6835835787765942029
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy