4 Langkah Sukses Menanggapi Surat Pembaca

Cara menanggapi surat pembaca, langkah sukses

Surat Pembaca

Surat pembaca merupakan surat yang ditulis dan dimuat dalam surat kabar/koran, tabloid, atau majalah (media massa) yang berisi tanggapan, kritik, saran, keluhan, ajakan, imbauan, ucapan terima kasih, dan lain-lain. Surat pembaca merupakan surat terbuka yang isinya dapat dibaca oleh siapa saja serta dapat ditujukan kepada lembaga, pemerintah, perusahaan, kantor, perorangan, kelompok, atau organisasi.

Seiring berkembangnya zaman, saat ini surat pembaca tidak hanya disampaikan melalui media massa konvensional saja, namun juga melalui media sosial. Media sosial yang  sering digunakan diantaranya blog, facebook, twitter, dan lain-lain. Hal ini tentunya menjadikan pekerjaan Public Relations semakin berat dan melelahkan. Karena bagi seorang Public Relations menanggapi surat pembaca adalah bagian dari pekerjaannya. 

Nah,  berikut ini ada beberapa langkah yang harus dilakukan Public Relations untuk menanggapi surat pembaca, diantaranya:
  • 1. Read (membaca)
Hal paling penting yang pertama kali harus dilakukan seorang Public Relations yaitu membaca surat pembaca yang disampaikan. Tujuanya agar Public Relations mengetahui apa saja yang disampaikan oleh pembaca baik itu melalui media cetak atau pun media sosial. 

  • 2. Identifikasi
Setelah membaca surat pembaca yang disampaikan, selanjutnya seorang Public Relations mencari tahu tentang masalah yang terjadi. Yaitu dengan merumuskan apa saja hal-hal detail dari masalah tersebut dan mencari informasi tentang sumber masalah. 

  • 3. Crosscheck
Mengkaji atau mengecek ulang informasi-informasi sebelum memutuskan atau memberikan statemen. Hal ini agar Public Relations nantinya bisa menyampaikan informasi yang tepat dan akurat serta tidak ada unsur kebohongan.

  • 4. Solution
Setelah melalui beberapa tahap sebelumnya, tahapan terakhir adalah menentukan solusi untuk masalah yang sedang dihadapi. Setelah menemukan solusi yang tepat, seorang Public Relations membuat press release atau press conference. Bisa jugandengan menuliskan tanggapan pada media dimana surat pembaca itu muncul.

COMMENTS

Name

1000 Masjid,2,Belajar,53,Ceritaku,41,Cinta,3,Diri,13,Gaya Hidup,4,Hiburan,11,Islam,6,Komunikasi,20,Manajemen,9,Motivasi,27,Psikologi,2,Public relations,15,Sahabat,5,Sosial,13,Tips,33,Travel,4,Trending,9,Tutorial,2,
ltr
item
Catatan Sinine: 4 Langkah Sukses Menanggapi Surat Pembaca
4 Langkah Sukses Menanggapi Surat Pembaca
Cara menanggapi surat pembaca, langkah sukses
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjNr-jU7frj8XVJzdnoYLo08ejBKY57iTGzqKajWuIdrSqI_7rnB1hbWn4os4Bu-K63TLiXMLy-mjnjApy6SNz3oNksTgCb7SDchCaM-HAVtSSpUTc3Becp-aosvIz1ehFWkm-DQyc5fd-q/s320/unnamed.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjNr-jU7frj8XVJzdnoYLo08ejBKY57iTGzqKajWuIdrSqI_7rnB1hbWn4os4Bu-K63TLiXMLy-mjnjApy6SNz3oNksTgCb7SDchCaM-HAVtSSpUTc3Becp-aosvIz1ehFWkm-DQyc5fd-q/s72-c/unnamed.jpg
Catatan Sinine
https://catatansinine.blogspot.com/2016/05/langkah-menanggapi-surat.html
https://catatansinine.blogspot.com/
https://catatansinine.blogspot.com/
https://catatansinine.blogspot.com/2016/05/langkah-menanggapi-surat.html
true
6835835787765942029
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy