Media promosi cetak sebagai salah satu cara publisitas atau promosi yang dilakukan Public Relations.
Promosi merupakan hal yang amat penting bagi sebuah perusahaan atau merek. Hal ini karena fungsi promosi itu sendiri sebagai cara untuk mengenalkan perusahaan atau merek tersebut kepada orang lain. Itulah mengapa kegiatan promosi sangat penting dilakukan oleh setiap perusahaan atau merek yang menjalankan usahanya. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, promosi dilakukan untuk menunjang dan meningkatkan penjualan serta agar semakin dikenal oleh banyak orang dan mendapatkan banyak pelanggan setia.
Banyak cara untuk melakukan promosi, salah satunya yaitu dengan memanfaatkan media promosi cetak. Meskipun era teknologi informasi saat ini mengarahkan masyarakat pada penggunaan media internet, namun media promosi cetak tetap bertahan. Hal ini karena media cetak memiliki kelebihan yang tak dimiliki oleh media internet. Misalnya, media promosi cetak lebih mudah diakses dibandingkan dengan media internet. Namun tentunya media promosi cetak juga memiliki berbagai kelemahan dibandingkan media promosi lainnya.
Beberapa bentuk media promosi cetak antara lain:
- Pamflet
- Brosur
- Billboard
- Spanduk
- Umbul-Umbul
- Magazine
- Flyer
- Stiker
- Bulletin
- Baliho
Dalam membuat media promosi cetak ada hal-hal yang harus diperhatikan, agar tujuan dari promosi yang dilaksanakan dapat tercapai. Hal-hal tersebut antara lain:
1. Warna
Warna adalah hal yang amat penting dalam membuat media promosi cetak. Sebisa mungkin gunakan warna-warna yang sedap dipandang. Sehingga orang tertarik untuk melihatnya.
2. Bentuk (desain)
Bentuk atau desain media promosi cetak juga perlu diperhatikan. Gunakan bentuk yang unik dan menarik, sehingga orang ingin melihatnya.
3. Komposisi
Komposisi disini maksudnya adalah isi media promosi cetak. Membuat komposisi yang pas tentunya akan mempengaruhi efektivitas pesan yang ingin disampaikan. Komposisi ini meliputi tulisan dan gambar yang ada pada media promosi cetak.
4. Huruf
Dalam membuat tulisan di media promosi cetak perlu diperhatikan font apa yang digunakan, ukuran font dan warna font. Dalam memilih font perlu diperhatikan kesesuaiannya dengan media promosi cetak, sehingga menarik dan dapat dibaca dengan mudah.
Nah demikian sedikit ulasan mengenai media promosi cetak. Semoga bermanfaat!
COMMENTS