Tahapan Kerja Public Relations

Public Relations merupakan suatu bentuk kegiatan komunikasi yang lebih menitik beratkan pada usaha untuk menumbuhkan suasana kerjasam...

Public Relations

Public Relations merupakan suatu bentuk kegiatan komunikasi yang lebih menitik beratkan pada usaha untuk menumbuhkan suasana kerjasama, menciptakan saling pengertian antara publik yang berkepentingan dengan perusahaan guna mendapatkan tujuan kedua belah pihak dalam suasana yang saling menguntungkan.

Dalam melaksanakan kegiatan Public Relations tersebut, dikenal tahapan-tahapan untuk mencapai tujuan yang efektif. Tahapan-tahapan tersebut merupakan pola kegiatan komunikasi atau proses Public Relations. Adapun tahapan-tahapan itu menurut Cutlip dan Centre dalam Rachmadi (2001: 111) dibagi ke dalam empat tahap, yaitu:

1. Fact Finding
Fact finding adalah pencarian fakta, data atau informasi yang mendukung program humas. Data-data dan fakta dapat diperoleh melalui survei pendapat, baik yang bersifat internal public maupun yang bersifat eksternal publik dengan menggunakan beberapa pendekatan. Dalam fase pencarian dan penemuan data atau fakta ini, maka konsultan Public Relations dituntut untuk melakukan hal-hal sebagai berikut :
  • Selalu memperhatikan berbagai kejadian atau perkembangan sosial, politik dan juga ekonomi yang secara langsung atau tidak langsung akan mempengaruhi organisasi atau perusahaan.
  • Mengumpulkan berbagai macam data untuk diolah menjadi informasi.
  • Menganalisis informasi itu agar sesuai dengan keperluan organisasi atau perusahaan.
  • Selalu siap menyajikan berbagai informasi secukupnya kepada setiap unit organisasi atau perusahaan.
  • Menyempurnakan segala macam informasi yang dirasa masih kurang lengkap atau memadai.
  • Melengkapi simpanan data-data dan informasi, antara lain dengan menyelenggarakan dokumentasi dan mengkliping semua informasi dari media massa yang dianggap (press clipping).


2. Planning (perencanaan)
Perencanaan ini tidak boleh diabaikan, namun harus dipikirkan secara matang karena turut menentukan suksesnya pekerjaan Public Relations secara keseluruhan. Perencanaan disusun atas data dan fakta yang telah diperoleh, bukan berdasarkan keinginan Public Relations. Berdasarkan pada rumusan masalah, dibuat strategi perencanaan dan pengambilan keputusan untuk membuat program kerja berdasarkan kebijakan lembaga yang juga disesuaikan dengan kepentingan publik.

3. Communication (komunikasi) 
Tahap berikutnya adalah tahap komunikasi atau pelaksanaan kegiatan. Agar dalam pelaksanaannya diperoleh hasil yang diharapkan maka prinsip-prinsip dalam komunikasi perlu diperhatikan. Agar proses komunikasi dapat berjalan dengan baik, maka beberapa hal perlu diperhatikan yaitu kredibilitas, keterkaitan, isi, kejelasan, keberlanjutan dan konsistensi, saluran/media dan kemampuan khalayak. 
 Komunikasi ini terbagi menjadi dua hal yaitu internal dan eksternal. 
  • Internal: Seorang humas penghubung komunikasi dari staf tertinggi sampai terendah agar dapat satu pemikiran atau sepemahaman. 
  • Eksternal: Seorang humas harus bisa sebagai penghubung ke intansi eksternal terkait. 


4. Evaluation (Mengevaluasi)
Tujuan utama dari evaluasi adalah untuk mengetahui apakah kegiatan Public Relations benar-benar dilaksanakan menurut rencana hasil penelitian berdasarkan hasil dari penelitian atau tidak. Jadi, tahapan evaluasi sangat penting, karena tanpa adanya penilaian, maka tidak akan diketahui sampai dimana kelancaran kegiatan Public Relations yang telah dilakukan oleh perusahaan.

Pada tahap ini, praktisi Public Relations dituntut untuk teliti dan seksama demi keakuratan data dan fakta yang ada. Akan tetapi, perlu diingat bahwa nama tengah seorang praktisi PR adalah ‘krisis’. Oleh karena itu, setelah selesai satu permasalahan, tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan masalah baru lagi. Dengan demikian, tahap ini juga sebagai acuan perencanaan di masa mendatang.

COMMENTS

Name

1000 Masjid,2,Belajar,53,Ceritaku,41,Cinta,3,Diri,13,Gaya Hidup,4,Hiburan,11,Islam,6,Komunikasi,20,Manajemen,9,Motivasi,27,Psikologi,2,Public relations,15,Sahabat,5,Sosial,13,Tips,33,Travel,4,Trending,9,Tutorial,2,
ltr
item
Catatan Sinine: Tahapan Kerja Public Relations
Tahapan Kerja Public Relations
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgAx4z6OPe3wBmrJlTgVMupuBq28kk9Py2TwB0JxCcuMlJF4YoLbDzuW0UWW4LQJVL-Q1AbmhtUePucOz10Ztx3Uyz-Ibbvzg6Z7uC6ewLVz0essfwi1TUTVtq1j9E869ZlWQKoTgUjsDq0/s320/Public+Relations.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgAx4z6OPe3wBmrJlTgVMupuBq28kk9Py2TwB0JxCcuMlJF4YoLbDzuW0UWW4LQJVL-Q1AbmhtUePucOz10Ztx3Uyz-Ibbvzg6Z7uC6ewLVz0essfwi1TUTVtq1j9E869ZlWQKoTgUjsDq0/s72-c/Public+Relations.jpg
Catatan Sinine
https://catatansinine.blogspot.com/2016/06/tahapan-public-relations.html
https://catatansinine.blogspot.com/
https://catatansinine.blogspot.com/
https://catatansinine.blogspot.com/2016/06/tahapan-public-relations.html
true
6835835787765942029
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy