5 Hal Yang Dilakukan Komunikator Hebat

Keterampilan komunikasi yang efektif dinilai sebagai salah satu keterampilan yang paling banyak dipelajari, hal ini karena dengan komnikasi efektif dapat menunjang penyampaian pesan yang dilakukan komunikator sehingga mampu mencapai tujuan yang diharapkan. Komunikator yang hebat harus mampu melakukan komunikasi efektif dalam berbagai keadaan seperti saat diskusi tatap muka dan percakapan, presentasi formal, telepon dan video konferens, serta kata-kata tertulis.

5 Hal Yang Dilakukan Komunikator Hebat

Komunikasi merupakan proses penyampaian pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Komnikasi dapat disampaikan melalui bahasa verbal dan nonverbal. Jika anda ingin tahu lebih banyak mengenai bahasa nonverbal bisa baca Fungsi Komunikasi Nonverbal. Semua orang dapat berkomnikasi dengan caranya sendiri, tetapi tidak semuanya mampu melakukan komunikasi efektif.
Keterampilan komunikasi yang efektif dinilai sebagai salah satu keterampilan yang paling banyak dipelajari, hal ini karena dengan komnikasi efektif dapat menunjang penyampaian pesan yang dilakukan komunikator sehingga mampu mencapai tujuan yang diharapkan. Komunikator yang hebat harus mampu melakukan komunikasi efektif dalam berbagai keadaan seperti saat diskusi tatap muka dan percakapan, presentasi formal, telepon dan video konferens, serta kata-kata tertulis. Bila ingin mencapai komunikasi efektif silahkan baca 7C Komunikasi untuk Komunikasi Efektif dan Tips Sukses Komunikasi.

Berikut adalah 5 hal yang komunikator hebat lakukan untuk mencapai komunikasi efektif:
1.      1. Mereka berbicara dengan jelas dan berpengaruh
Bagaimana untuk berbicara dengan jelas dan berpengaruh? Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan untuk mencapainya. Disini kami akan merangkumnya secara singkat. Untuk berbicara dengan jelas dan berpengaruh diperlkan pesan yang sesuai dengan audien. Sehingga komunikator hebat harus dan wajib memiliki kemampuan untuk menyusun pesan yang baik.


Dalam menyusun pesan komunikasi yang baik setidaknya ada 4 hal yang perlu diperhatikan, yaitu:
a.       Audien/komunikan
Sebelum menyusun pesan komunikasi seorang komunikator hebat mengetahui dengan baik siapa audienya. Mengenali disini bukan hanya sekedar tahu namanya, namun karakteristik audiens. Misalnya usia, lingkungan, pengetahan dan keadaan psikologis audien. Sebagai contoh saat kita berkomunikasi dengan anak-anak dan orang dewasa tentu memerlukan formulasi pesan yang berbeda karenaya keduanya memiliki pengetahan dan daya tangkap yang berbeda.
b.      Topik
Seorang komunikator hebat mampu menyuguhkan materi/topik yang menarik bagi audienya. Sehingga audien tertarik dan dengan senang hati menerima pesan yang disampaikan oleh komunikator.
c.       Tujuan
Tujuan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari setiap kegiatan. Tak terkecuali komunikasi. Komunikator hebat tahu persis apa tujuan komunikasi yang dilakukanya sehingga rumusan yang disampaikan disesuaikan dengan tujuan tersebut.
d.      Format
Menyusun format pesan merupakan kemampuan wajib bagi komunikator hebat. Ia mampu membuat formulasi pesan yang sesuai dengan berbagi audiens, situasi dan kondisi.

2.      2. Mereka menganjurkan visi bersama
Komunikator hebat mampu menyampaikan serrta menganjurkan visi bersama. Untuk mencapainya komunikator perlu membuat komunikasi yang terbuka serta membuat para audienya memiliki pola pikir atau berfikir yang sama sehingga audiens mera menjadi bagian dari tujuan tersebut.

3.      3. Mereka mendengarkan
Dalam hal komunikasi dua arah, aktivitas dasar yang terjadi adalah berbicara dan mendengarkan. Tidak bisa dipungkiri, mendengarkan menjadi sesuatu yang lebih sulit untuk dilakukan dibandingkan berbicara. Mendengarkan yang dimaksud disini berbeda dengan mendengar, karena keduanya memiliki arti yang berbeda.
Saat berkomunikasi semua orang bisa saja mendengar, tetapi belum tentu mendengarkan. Mendengarkan memiliki arti yang lebih tinggi dibandingkan mendengar. Mendengarkan berarti menghargai orang yang sedang berbicicara, itulah mengapa terkadang saat seseorang berbicara ia akan tetap merasa dihargai meski pendengar tidak membalas perkataanya.
Menjadi pendengar yang baik akan menciptakan suasana yang kondusif. Dengan mendengarkan hal-hal seperti kericuhan dan kesalah pahaman dapat dengan mudah dihindari. Berbeda dengan  berbicara, ketika mendengarkan dibutuhkan sikap kerendahan hati dan manusiawi. Kounikator hebat memiliki kemampuan mendengarkan yang baik, sehingga orang tertarik untuk menjalin komunikasi denganya. Keterampilan mendengarkan yang aktif memungkinkan kita mendengar apa yang seseorang simpan dan menafsirkan maknanya dengan lebih jelas dan efektif. Ini membantu membuat orang lain merasa nyaman untuk menjalin komunikasi dengan kita.
Kebanyakan orang akan berkomunikasi lebih terbuka saat mereka merasa nyaman. Komunikator yang efektif tahu bagaimana cara mendengarkan dan menyelidiki kejelasan dalam semua interaksi.


"Yang paling mendasar dari semua kebutuhan manusia adalah kebutuhan untuk mengerti dan dipahami. Cara terbaik untuk memahami orang adalah mendengarkan mereka. " (Ralph nichols)


4.      4. Menggunakan body language dengan efektif
Body language atau bahasa tubuh merupakan komunikasi nonverbal. Jika ingin tahu tentang komunikasi nonverbal lebih jauh baca ini. Bahasa tubuh adalah proses pertukaran pikiran dan gagasan di mana pesan yang disampaikan dapat berupa isyarat, ekspresi wajah, pandangan mata, sentuhan, artifak (lambang yang digunakan), diam, waktu, suara, serta postur dan gerakan tubuh.
Komunikator hebat tahu cara efektif untuk menggunakan bahasa tubuh sehingga menunjang terciptanya komunikasi efektif. Selain itu, bahasa tubuh dapat digunakan untuk memproyeksikan citra diri. Citra diri yang kita proyeksikan tersebut mempengaruhi kepercayaan diri dan efektivitas komunikasi yang kita lakukan secara keseluruhan. Maka tak salah apabila ada yang mengatakan “bahasa tubuh anda membentuk diri anda”.

5.      5. Mereka sadar secara budaya dan politik
Menyadari budaya yang ada dan politik merupakan hal penting, sehingga komunikator mampu merumuskan dan menyampaikan pesan yang sesuai dan efektif kepada audiens. Manfaat kesadaran budaya dapat menghilangkan hambatan komunikasi efektif. Sedangkan menyadari keputusan politik dapat meningkatkan pilihan untuk hasil yang efektif. Dengan mempraktikkan kedua hal tersebut, kita dapat belajar berkolaborasi dengan sumber daya internal dan eksternal dengan cara yang paling efektif.

Demikian ulasan mengenai 5 Hal yang Dilakukan Komunikator Hebat. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Baca juga postingan kami yang lain dan juga silahkan share jika anda merasa ini bermanfaat. Jika ada kritik/saran silahkan sampaikan kepada kami melalui Kontak Kami. karena kritik dan saran anda akan membantu kami menjadi semakin baik.

COMMENTS

Name

1000 Masjid,2,Belajar,53,Ceritaku,41,Cinta,3,Diri,13,Gaya Hidup,4,Hiburan,11,Islam,6,Komunikasi,20,Manajemen,9,Motivasi,27,Psikologi,2,Public relations,15,Sahabat,5,Sosial,13,Tips,33,Travel,4,Trending,9,Tutorial,2,
ltr
item
Catatan Sinine: 5 Hal Yang Dilakukan Komunikator Hebat
5 Hal Yang Dilakukan Komunikator Hebat
Keterampilan komunikasi yang efektif dinilai sebagai salah satu keterampilan yang paling banyak dipelajari, hal ini karena dengan komnikasi efektif dapat menunjang penyampaian pesan yang dilakukan komunikator sehingga mampu mencapai tujuan yang diharapkan. Komunikator yang hebat harus mampu melakukan komunikasi efektif dalam berbagai keadaan seperti saat diskusi tatap muka dan percakapan, presentasi formal, telepon dan video konferens, serta kata-kata tertulis.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi8mqtrNMqAWrGDGeKS3c6Qbo53ImC-06ngv0amjwx6VJPcCyeQBcrdUiOUu_29KNdG7DEIV1Z8C03x9QA4ErKN3_ypinwvxHeDymRMY59f00HDNBRblWeliwTIHCqAiwHPPngKZh4s80IY/s320/1.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi8mqtrNMqAWrGDGeKS3c6Qbo53ImC-06ngv0amjwx6VJPcCyeQBcrdUiOUu_29KNdG7DEIV1Z8C03x9QA4ErKN3_ypinwvxHeDymRMY59f00HDNBRblWeliwTIHCqAiwHPPngKZh4s80IY/s72-c/1.png
Catatan Sinine
https://catatansinine.blogspot.com/2017/08/5-hal-yang-dilakukan-komunikator-hebat.html
https://catatansinine.blogspot.com/
https://catatansinine.blogspot.com/
https://catatansinine.blogspot.com/2017/08/5-hal-yang-dilakukan-komunikator-hebat.html
true
6835835787765942029
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy