Keterampilan komunikasi yang efektif dinilai sebagai salah satu keterampilan yang paling banyak dipelajari, hal ini karena dengan komnikasi efektif dapat menunjang penyampaian pesan yang dilakukan komunikator sehingga mampu mencapai tujuan yang diharapkan. Komunikator yang hebat harus mampu melakukan komunikasi efektif dalam berbagai keadaan seperti saat diskusi tatap muka dan percakapan, presentasi formal, telepon dan video konferens, serta kata-kata tertulis.
Komunikasi
merupakan proses penyampaian pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak
lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Komnikasi dapat
disampaikan melalui bahasa verbal dan nonverbal. Jika anda ingin tahu lebih
banyak mengenai bahasa nonverbal bisa baca Fungsi Komunikasi Nonverbal. Semua orang dapat berkomnikasi
dengan caranya sendiri, tetapi tidak semuanya mampu melakukan komunikasi
efektif.
Keterampilan komunikasi yang efektif dinilai sebagai
salah satu keterampilan yang paling banyak dipelajari, hal ini
karena dengan komnikasi efektif dapat menunjang penyampaian pesan yang
dilakukan komunikator sehingga mampu mencapai tujuan yang diharapkan.
Komunikator yang hebat harus mampu melakukan komunikasi efektif dalam berbagai
keadaan seperti saat diskusi tatap muka
dan percakapan, presentasi formal, telepon dan video
konferens, serta kata-kata tertulis. Bila ingin mencapai komunikasi efektif silahkan baca 7C Komunikasi untuk Komunikasi Efektif dan Tips Sukses Komunikasi.
Berikut adalah 5 hal yang komunikator hebat lakukan untuk mencapai komunikasi efektif:
1.
1. Mereka berbicara dengan jelas dan berpengaruh
Bagaimana
untuk berbicara dengan jelas dan berpengaruh? Ada beberapa hal yang perlu kita
perhatikan untuk mencapainya. Disini kami akan merangkumnya secara singkat.
Untuk berbicara dengan jelas dan berpengaruh diperlkan pesan yang sesuai dengan
audien. Sehingga komunikator hebat harus dan wajib memiliki kemampuan untuk menyusun
pesan yang baik.
Dalam
menyusun pesan komunikasi yang baik setidaknya ada 4 hal yang perlu
diperhatikan, yaitu:
a. Audien/komunikan
Sebelum menyusun pesan
komunikasi seorang komunikator hebat mengetahui dengan baik siapa audienya.
Mengenali disini bukan hanya sekedar tahu namanya, namun karakteristik audiens.
Misalnya usia, lingkungan, pengetahan dan keadaan psikologis audien. Sebagai
contoh saat kita berkomunikasi dengan anak-anak dan orang dewasa tentu
memerlukan formulasi pesan yang berbeda karenaya keduanya memiliki pengetahan
dan daya tangkap yang berbeda.
b.
Topik
Seorang
komunikator hebat mampu menyuguhkan materi/topik yang menarik bagi audienya.
Sehingga audien tertarik dan dengan senang hati menerima pesan yang disampaikan
oleh komunikator.
c.
Tujuan
Tujuan
merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari setiap kegiatan. Tak terkecuali
komunikasi. Komunikator hebat tahu persis apa tujuan komunikasi yang
dilakukanya sehingga rumusan yang disampaikan disesuaikan dengan tujuan tersebut.
d.
Format
Menyusun
format pesan merupakan kemampuan wajib bagi komunikator hebat. Ia mampu membuat
formulasi pesan yang sesuai dengan berbagi audiens, situasi dan kondisi.
2. 2. Mereka menganjurkan visi bersama
Komunikator hebat mampu menyampaikan serrta
menganjurkan visi bersama. Untuk mencapainya komunikator perlu membuat
komunikasi yang terbuka serta membuat para audienya memiliki pola pikir atau
berfikir yang sama sehingga audiens mera menjadi bagian dari tujuan tersebut.
3.
3. Mereka
mendengarkan
Dalam
hal komunikasi dua arah, aktivitas dasar yang terjadi adalah berbicara dan
mendengarkan. Tidak bisa dipungkiri, mendengarkan menjadi sesuatu yang lebih
sulit untuk dilakukan dibandingkan berbicara. Mendengarkan yang dimaksud disini
berbeda dengan mendengar, karena keduanya memiliki arti yang berbeda.
Saat
berkomunikasi semua orang bisa saja mendengar, tetapi belum tentu mendengarkan.
Mendengarkan memiliki arti yang lebih tinggi dibandingkan mendengar. Mendengarkan
berarti menghargai orang yang sedang berbicicara, itulah mengapa terkadang saat
seseorang berbicara ia akan tetap merasa dihargai meski pendengar tidak
membalas perkataanya.
Menjadi
pendengar yang baik akan menciptakan suasana yang kondusif. Dengan mendengarkan
hal-hal seperti kericuhan dan kesalah pahaman dapat dengan mudah dihindari.
Berbeda dengan berbicara, ketika
mendengarkan dibutuhkan sikap kerendahan hati dan manusiawi. Kounikator hebat
memiliki kemampuan mendengarkan yang baik, sehingga orang tertarik untuk
menjalin komunikasi denganya. Keterampilan
mendengarkan yang aktif memungkinkan kita mendengar apa yang seseorang simpan dan menafsirkan
maknanya dengan lebih jelas dan efektif. Ini membantu membuat orang lain merasa nyaman
untuk menjalin komunikasi dengan kita.
Kebanyakan
orang akan
berkomunikasi lebih terbuka saat mereka merasa nyaman.
Komunikator yang efektif tahu bagaimana cara mendengarkan
dan menyelidiki kejelasan dalam semua interaksi.
"Yang paling mendasar dari semua kebutuhan manusia adalah kebutuhan untuk mengerti dan dipahami. Cara terbaik untuk memahami orang adalah mendengarkan mereka. " (Ralph nichols)
4.
4. Menggunakan body language dengan efektif
Body
language atau bahasa tubuh merupakan komunikasi nonverbal. Jika ingin tahu
tentang komunikasi nonverbal lebih jauh baca ini. Bahasa tubuh adalah proses
pertukaran pikiran dan gagasan di mana pesan yang disampaikan dapat berupa
isyarat, ekspresi wajah, pandangan mata, sentuhan, artifak (lambang yang digunakan),
diam, waktu, suara, serta postur dan gerakan tubuh.
Komunikator
hebat tahu cara efektif
untuk menggunakan bahasa tubuh
sehingga menunjang terciptanya komunikasi efektif. Selain itu, bahasa tubuh
dapat digunakan untuk
memproyeksikan citra diri. Citra diri yang kita proyeksikan
tersebut mempengaruhi
kepercayaan diri dan efektivitas komunikasi yang kita lakukan secara keseluruhan. Maka tak salah
apabila ada yang mengatakan “bahasa
tubuh anda membentuk diri anda”.
5. 5. Mereka
sadar secara budaya dan politik
Menyadari budaya
yang ada dan politik merupakan hal penting, sehingga komunikator mampu
merumuskan dan menyampaikan pesan yang sesuai dan efektif kepada audiens. Manfaat
kesadaran budaya
dapat menghilangkan hambatan
komunikasi efektif. Sedangkan menyadari keputusan politik dapat meningkatkan pilihan untuk hasil yang efektif.
Dengan mempraktikkan kedua hal tersebut, kita dapat
belajar berkolaborasi dengan sumber daya internal dan eksternal dengan cara
yang paling efektif.
Demikian ulasan mengenai 5 Hal yang Dilakukan Komunikator Hebat. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Baca juga postingan kami yang lain dan juga silahkan share jika anda merasa ini bermanfaat. Jika ada kritik/saran silahkan sampaikan kepada kami melalui Kontak Kami. karena kritik dan saran anda akan membantu kami menjadi semakin baik.
Demikian ulasan mengenai 5 Hal yang Dilakukan Komunikator Hebat. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Baca juga postingan kami yang lain dan juga silahkan share jika anda merasa ini bermanfaat. Jika ada kritik/saran silahkan sampaikan kepada kami melalui Kontak Kami. karena kritik dan saran anda akan membantu kami menjadi semakin baik.
COMMENTS