Lakukan ini untuk Menciptakan Percakapan yang Menyenangkan

Berikut ini adalah 10 tips dan trik untuk menciptakan percakapan yang menarik sekaligus akan mengubah kita menjadi pakar berkomunikasi yang mampu meruntuhkan “dinding” pembatas antarpribadi dan dapat membangun hubungan baru dengan mudah.



Internet memiliki pengaruh yang besar bagi dunia, begitupun dalam hal komunikasi. Dengan adanya internet saat ini kita bisa berkomunikasi dengan jauh lebih mudah dibandingkan sebelumnya. Kini kita dapat mengakses beragam media sosial untuk menyampaikan perasaan dan pemikiran pada saat itu juga ke seluruh dunia atau sekedar chatting, mengobrol bahkan melakukan video call. Namun, akibatnya banyak dari kita yang kesulitan berkomunikasi secara langsung karena tidak mempunyai banyak kesempatan untuk mengembangkan keahlian personal yang satu ini.

Tentu sangat menyenangkan bisa melakukan percakapan yang menyenangkan dengan orang-orang disekitar kita, karena melalui percakapan yang kita lakukan, kita bisa berbagi informasi, membicaraan hal-ha kecil maupun persoalan mendalam, bercerita dan belajar satu sama lain. Nah, berikut ini adalah 10 tips dan trik untuk menciptakan percakapan yang menarik sekaligus akan mengubah kita menjadi pakar berkomunikasi yang mampu meruntuhkan “dinding” pembatas antarpribadi dan dapat membangun hubungan baru dengan mudah.


1. Dengarkan untuk Memahami, Bukan untuk Menjawab

Penulis buku best-seller 7 Habits of Highly Effective People, Stephen Covey mengatakan “Sebagian besar orang tidak mendengarkan untuk memahami, mereka mendengarkan hanya untuk memberikan jawaban”.banyak diantara kita mungkin pernah mengalami hal ini, namun jarang kita menyadarinya.

Daripada mempersiapkan jawaban atau pertanyaan lanjutan selagi lawan bicara menjelaskan, kita sebaiknya memberikan perhatian penuh kepadanya, lalu mempersiapkan jawaban saat ia selesai berbicara. Dengan begitu, kita dapat sepenuhnya memahami pesan baik yang tersirat maupun yang terucapkan olehnya. Langkah pertama untuk menjadi komunikator yang baik adalah belajar mendengarkan. Tingkatkan skill mendengarmu dengan membaca artikel Mendengar dengan Sabar, Bertanya dengan Sopan dan 9 Rahasia Menjadi Pendengar Yang Baik

2. Suatu Pengalaman Tidak Pernah Sama

Hal penting yang harus kita ingat saat melakukan percakapan ialah jangan samakan pengalaman kita dengan orang lain. Jika seseorang menceritakan telah kehilangan anggota keluarganya,kita jangan justru menceritakan tentang saat-saat kehilangan anggota keluarga. Walaupun mungkin kita merasa berbagi cerita seperti ini akan menunjukkan rasa empati, namun kita justru akan dianggap meremehkan atau tidak menghargai pengalaman orang tersebut. Berikan mereka waktu untuk mengekspresikan diri, dan berikan dukungan melalui kata-kata dan perbuatan Anda.

3. Singkirkan Hal yang Dapat Mengalihkan Perhatian Anda

Walaupun mengerjakan beragam tugas di waktu yang sama atau multitasking memang bermanfaat, namun hal ini tidak boleh dilakukan selama kita bercakap-cakap. Biasakan diri untuk meletakkan ponsel dan menjauhkan hal-hal yang mengalihkan perhatian selama berbicara dengan seseorang.

Namun anehnya, banyak dari kita yang mengerjakan beragam tugas di waktu yang sama lalu membiarkan pikiran kita berkelana selama berbicara dengan anggota keluarga dan teman-teman dekat, mereka yang keberadaannya sering kali kita sia-siakan. Tentu tidak menyenangkan ketika kita berbicara namun teman kita justru sibuk main game atau chatting di gadgednya hingga tidak fokus dengan apa yang kita bicarakan. Maka dari itu untuk kita perlu memperhatikan dan memfokuskan pikiran kita pada pembicaraan agar lebih menyenangkan.

4. Perhatikan Pembicaraan

Setelah mengosongkan pikiran dari hal lainnya, kita juga harus fokus pada pembicaraan dan melibatkan diri di dalamnya! Sekalipun perhatian kita tidak teralihkan hal-hal dari luar, banyak dari kita yang memiliki kecenderungan untuk mengkhayalkan sesuatu dan kehilangan fokus selama bercakap-cakap.

Kita mungkin lebih perhatian pada noda di kaus lawan bicara, atau mengamati kecenderungannya menggumamkan kata-kata seperti, “emmm” dan “misalnya”. Jauhkan hal-hal yang mengganggu ini dan kembalikan perhatian kita ke dalam percakapan, serta tunjukkan perhatian dan empati dengan tulus. Perhatian kita tanpa disadari akan dirasakan oleh lawan bicara sehingga ia menganggap kita sebagai rekan bicara yang baik.

5. Jelaskan dengan Lebih Deskriptif

Dengan menjelaskan secara deskriptif saat menceritakan pengalaman atau menyatakan pendapat akan membuat kita lebih menarik saat berbicara, karena orang yang mendengarnya akan lebih mampu membayangkan ucapan kita dalam pikirannya. Misalnya, alih-alih mengatakan “Minumlah teh”, Anda bisa menyatakan “Inilah gelas berisi cairan yang menenangkan untukmu!”. Selipkan kata-kata yang menggugah dalam percakapan dan pendengar Anda pun akan terkesima!

6. Kendalikan Laju Pembicaraan

Dalam situasi tertentu, kita mungkin terburu-buru atau tergagap saat mengucapkan untaian kata-kata dalam satu kalimat. Hal ini cenderung terjadi saat situasi tertentu atau emosi memengaruhi Anda, terutama saat marah! Untuk mengatasinya, banyak dari kita yang berbicara dalam laju stabil untuk menciptakan pola ucapan yang terprediksi. Padahal, pembicaraan yang terprediksi seperti ini justru membuat lawan bicara merasa bosan dan kehilangan perhatian tanpa disadarinya.

Pembicara yang hebat dapat mengubah laju ucapan selama berbicara dan menyesuaikan penyampaiannya untuk mempertahankan minat dan menarik perhatian pendengarnya ke bagian-bagian tertentu dalam ceritanya. Ketika kita bercakap-cakap dengan teman, kita bisa melambatkan laju bicara saat mengatakan hal yang penting atau menyelipkan jeda sejenak saat kita ingin lawan bicara membayangkan cerita kita.

7. Ajukan Pertanyaan Terbuka

Bagian yang tidak terpisahkan dalam percakapan yang menarik adalah kemampuan untuk mengajukan pertanyaan terbuka. Pertanyaan singkat seperti “Bagaimana pekerjaanmu?” akan menghasilkan jawaban standar “Baik”. Untuk menghindarinya, ingatlah sesuatu yang pernah dikatakan lawan bicara Anda sebelumnya mengenai pengalamannya di kantor dan tanyakan “Kamu pernah bercerita akan ada orang baru yang mengepalai timmu. Bagaimana pekerjaanmu sekarang?”

Jika Sobat tidak bisa langsung menanyakan sesuatu saat bercakap-cakap, cobalah bertanya “Apakah perusahaanmu telah mengangkatmu menjadi CEO?” atau “Dengan jam kerjamu sekarang, seberapa sering kamu bisa melihat matahari akhir-akhir ini?”. Pertanyaan kelakar seperti ini menandakan bahwa kita ingin mengetahui kabar orang lain dan pada saat yang sama menceriakan pertanyaan yang serius.

8. Bersiaplah untuk Menyerap Informasi

Bill Nye mengatakan “Semua orang yang Anda akan temui mengetahui sesuatu yang Anda tidak ketahui”. Sungguh ini adalah sudut pandang yang bijaksana saat bercakap-cakap dengan seseorang, terutama ketika baru pertama kali. Kita bisa mulai dengan memandang bahwa tiap orang adalah pribadi yang unik dan menarik sehingga kita tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang mereka. Setiap percakapan sebaiknya dimulai dengan pikiran terbuka dan digunakan sebagai kesempatan untuk belajar

Kemauan belajar meliputi melepaskan pemikiran dan anggapan awal kita, dan di saat yang sama mau menerima sudut pandang lawan bicara, dan mengajukan pertanyaan yang berhubungan sebagai respons atas pernyatannya. Hal ini akan menunjukkan bahwa kita benar-benar terlibat di dalam pembicaraan, dan tentu saja akan memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan bagi kedua belah pihak.

9. Intinya Bukanlah Anda

Jika tidak diminta, usahakan jangan mendominasi pembicaraan dengan membicarakan pengalaman pribadi dan memamerkan pencapaian yang telah kita peroleh. Jika seseorang memberitahukan tentang prestasi yang telah ia capai, sebaiknya kita memberikan ucapan selamat dengan sepenuh hati dan menunjukkan ketertarikan dengan menanyakan tentang prestasi tersebut. Usahalah untuk tidak menyamakan situasi dengan menceritakan prestasi yang telah kita capai, dan menegaskan bahwa kita juga memiliki prestasi yang baik.

Menceritakan pencapaian pribadi saat orang lain menceritakan pencapaiannya tidak akan membuat kita dihormati, jadi biarkan lawan bicara menikmati pencapaiannya dan sampaikan kebahagiaan kita yang tulus untuknya.

10. Bahasa Tubuh

Hal penting yang sering terlupakan saat kita melakukan percakapan ialah kemampuan menyampaikan pesan yang tidak terucap. Bahasa tubuh kita memberikan banyak informasi mengenai perasaan dan pandangan kita terhadap pihak lain, walaupun pernyataan kita mungkin sebaliknya. Perlu diingat bahwa bagaimana kita mengekspresikan diri sama pentingnya dengan apa yang anda katakan.

Saat kita melakukan percakapan, awali dengan berhadapan dengan lawan bicara. Usahakan bahu, torso, dan jari kaki harus mengarah ke lawan bicara, dengan begitu kita tampak memberikan perhatian penuh pada pembicaraan. Pertahankan kontak mata, namun beri jeda dari waktu ke waktu agar Anda tidak tampak membelalak dan membuat lawan bicara merasa tidak nyaman. Memberikan isyarat dengan tangan untuk mengilustrasikan atau mempertegas ucapan juga akan membuat kita tampak lebih menarik dan meyakinkan. Ibaratnya kata-kata meruakan data mentah dan bahasa tubuh digunakan untuk memperkuat penyampaian data tersebut. Tertarik dengan cara menggunakan bahasa tubuh yang baik? Silahkan baca Rahasia Menggunakan Body Language.


Sebagai bagian tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, baik secara profesional maupun personal, komunikasi yang efektif dan keahlian lain yang berhubungan sangatlah penting untuk diperbaiki. Sekarang, setelah mengetahui tips dan trik ini, mari kita memperluas pergaulan dan  mari berkomunikasi dengan lebih baik untuk mencapai kesuksesan! Jika sobat memiliki tips yang bisa ditambahkan di sini? Berikan komentar dan ceritakan kepada kami!

COMMENTS

Name

1000 Masjid,2,Belajar,53,Ceritaku,41,Cinta,3,Diri,13,Gaya Hidup,4,Hiburan,11,Islam,6,Komunikasi,20,Manajemen,9,Motivasi,27,Psikologi,2,Public relations,15,Sahabat,5,Sosial,13,Tips,33,Travel,4,Trending,9,Tutorial,2,
ltr
item
Catatan Sinine: Lakukan ini untuk Menciptakan Percakapan yang Menyenangkan
Lakukan ini untuk Menciptakan Percakapan yang Menyenangkan
Berikut ini adalah 10 tips dan trik untuk menciptakan percakapan yang menarik sekaligus akan mengubah kita menjadi pakar berkomunikasi yang mampu meruntuhkan “dinding” pembatas antarpribadi dan dapat membangun hubungan baru dengan mudah.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiLtE7FXJJ2HyJMAnZKXKZe9kUjgt1OEziyvXp2Tp6Ztj_HnzWKAi7O-X3oo-q3uMWrOtuyn76Tm5jwdo1FrsWJDfZgGXOQYzIk7PsksE-3N-CG_ialHdfLoS0L9qWQ-rM5t7mn7b9kGEf7/s320/Lakukan+Ini+Untuk+Menciptakan+Percakapan+yang+Menyenangkan.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiLtE7FXJJ2HyJMAnZKXKZe9kUjgt1OEziyvXp2Tp6Ztj_HnzWKAi7O-X3oo-q3uMWrOtuyn76Tm5jwdo1FrsWJDfZgGXOQYzIk7PsksE-3N-CG_ialHdfLoS0L9qWQ-rM5t7mn7b9kGEf7/s72-c/Lakukan+Ini+Untuk+Menciptakan+Percakapan+yang+Menyenangkan.jpg
Catatan Sinine
https://catatansinine.blogspot.com/2018/02/lakukan-ini-untuk-menciptakan.html
https://catatansinine.blogspot.com/
https://catatansinine.blogspot.com/
https://catatansinine.blogspot.com/2018/02/lakukan-ini-untuk-menciptakan.html
true
6835835787765942029
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy