4 Komponen Perumusan Strategi Komunikasi

Dalam hal penyampaian pesan, komunikasi tak pernah lepas dari orientasi efektifitas. Untuk mencapai efektifitas komunikasi maka diperlukan strategi .....


Perumusan Strategi Komunikasi

Dalam hal penyampaian pesan, komunikasi tak pernah lepas dari orientasi efektifitas. Untuk mencapai efektifitas komunikasi maka diperlukan strategi operasional tertentu. Jika dihubungkan dengan komunikasi, strategi komunikasi bisa dikatakan sebagai suatu pola pikir dalam merencanakan suatu kegiatan mengubah sikap, sifat, pendapat dan perilaku khalayak, atas dasar skala yang luas melalui penyampaian gagasan-gagasan. Orientasinya terpusat pada tujuan akhir yang ingin dicapai, dan merupakan kerangka sistematis pemikiran untuk bertindak dalam melakukan komunikasi.[1]

Ada beberapa komponen yang diperlukan sebagai perhitungan dalam menyusun sebuah strategi komunikasi agar strategi yang akan diambil berjalan dengan tepat. Adapun komponen-komponen dalam menyusun strategi yang disampaikan oleh Onong Unchayana Effendy ialah:[2] 

1. Mengenali Sasaran Komunikasi 

Kita perlu mempelajari siapa yang menjadi sasaran komunikasi kita dalam hal ini adalah khalayak. Tujuanya agar pesan komunikasi dapat sampai dan diterima oleh khalayak denan baik. Terdapat dua faktor yang harus diperhatikan pada diri khalayak sebagai komunikan menurut Onong yaitu:[3] 
  • a. Faktor Kerangka Referensi 
Faktor ini berkisar pada latar belakang pendidikan, gaya hidup, norma, ideologi, dan pengalaman komunikan/khalayak. 
  • b. Faktor Situasi dan Kondisi 
Situasi komunikasi saat komunikan akan menerima pesan dan keadaan fisik serta psikis komunikan saat mereka menerima pesan. 

Apabila khalayak tidak ditetapkan, maka berpotensi untuk timbul masalah tujuan yang hendak dicapai-walaupun telah ditargetkan-tidak akan tercapai denan baik. 

2. Pemilihan Media Komunikasi 

Media komunikasi yang dipakai bisa berbagai macam pilihan, setiap organisasi dapat memilih mana yang paling sesuai dengan kondisi organisasinya. Dewasa ini banyak berbagai media yang digunakan sebagai sarana komunikasi, Onong mengklasifikasikan menjadi: media tulisan atau cetakan, visual, aural, dan audio visual.[4] Lebih lanjut Anne Gregory menyampaikan bahwa Internet, Konferensi Video dan Audio, Survey dan Kuesioner juga merupakan salah satu media komunikasi. 

Hal yang tidak boleh dilupakan pada tahap ini adalah bahwa sisi pesan juga harus disesuaikan dengan media yang dipilih. Selain itu, masih ada hal lain yang harus diperhatikan sebelum kita memutuskan media mana yang akan dipakai, yakni kapabilitas penerima pesan. Hal tersebut sesuai dengan pendapat yang disampaikan Onong, bahwa dalam memilih media harus dilakukan selektif dan sesuai dengan keadaan dan kondisi juga situasi khalayak.[6]

3. Tujuan Pesan Komunikasi 

Seperti yang disampaikan Onong[7] tujuan pesan komunikasi terdiri atas “Isi pesan dan lambang. Lambang yang bisa dipergunakan untuk menyampaikan isi pesan komunikasi adalah : Bahasa, gambar, warna, gestur. Sedangkan bahasa terdiri atas kata yang mengandung pengertian denotatif dan konotatif.” 

Berdasarkan pendapat tersebut, kita mengetahui bahwa bahasa harus disampaikan dengan tepat, karena bila tidak, maka komunikan bisa saja salah dalam menginterpretasikan tujuan pesan komunikasi. 

4. Peranan Komunikator dalam Komunikasi 

Seperti diketahui bahwa proses komunikasi tidak mungkin terjadi apabila tidak ada komunikator sebagai penyampai pesan. Agar strategi komunikasi berjalan maksimal, dibutuhkan seorang komunikator yang bisa diterima oleh komunikannya. Oleh karena perannya yang sangat penting dalam sebuah proses komunikasi maka ada dua hal yang dituntut dari seorang komunikator. Menurut Onong[8] faktor penting seorang komunikator ada dua, yakni : 

  • a. Daya Tarik Sumber 
Kemampuan seorang komunikator untuk terlibat dengan komunikatornya, sehingga mereka merasa ada kesamaan. 
  • b. Kredibilitas Sumber 
Seorang komunikator yang memiliki keahlian tertentu dapat menimbulkan kepercayaan komunikan. 

Berdasarkan kedua faktor diatas, kemampuan seorang komunikator dituntut juga untuk mampu berempatik dengan orang yang sedang diajak berkomunikasi, dia harus memahami suasana hati dan kondisi komunikannya. 

Demikianlah pembahasan mengenai 4 komponen perumusan strategi komunikasi. dengan mengetaui komponen-komponen perumusan strategi tersebut akan memudahkan kita dalam menyusun strategi komunikasi, serta dapat mencapai tujuan komunikasi secara efektif. 


Referensi:
[1] Kustadi Suhandang, Strategi Dakwah: Penerapan Strategi Komunikasi dalam Dakwah, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014), Cet. 1, hlm.84. 
[2] Onong Uchjana Effendy, Komunikasi Teori dan Praktek, PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 2006, hal 32 
[3] Onong, Ibid., hal 36 
[4] Onong, Ibid., hal 37 
[5] Frank Jefkins, Public Relations Cet II, Penerbit Erlangga, Jakarta, 2004, hal 61 
[6] Onong Uchjana Effendy, Dimensi-Dimensi Komunikasi, Penerbit Alumni, Bandung, 1981, hal 61 
[7] 16 Onong. Op.Cit., hal 37 
[8] Onong, Op.Cit., hal 38

COMMENTS

BLOGGER: 1

Name

1000 Masjid,2,Belajar,53,Ceritaku,41,Cinta,3,Diri,13,Gaya Hidup,4,Hiburan,11,Islam,6,Komunikasi,20,Manajemen,9,Motivasi,27,Psikologi,2,Public relations,15,Sahabat,5,Sosial,13,Tips,33,Travel,4,Trending,9,Tutorial,2,
ltr
item
Catatan Sinine: 4 Komponen Perumusan Strategi Komunikasi
4 Komponen Perumusan Strategi Komunikasi
Dalam hal penyampaian pesan, komunikasi tak pernah lepas dari orientasi efektifitas. Untuk mencapai efektifitas komunikasi maka diperlukan strategi .....
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgblVs5CzplC56KIkA156_CjcUrX92sQHZo-SuUbPn26DPv1pr6JvNASr2wBZKn_3WgLr7gPq8C2jQP32zhXDvCRUfYwzHABhz1sAAcUGAp3yMEJPywwJToq1mMksW24ZrX2Nq5TEYpdS_b/s320/Perumusan+Strategi+Komunikasi.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgblVs5CzplC56KIkA156_CjcUrX92sQHZo-SuUbPn26DPv1pr6JvNASr2wBZKn_3WgLr7gPq8C2jQP32zhXDvCRUfYwzHABhz1sAAcUGAp3yMEJPywwJToq1mMksW24ZrX2Nq5TEYpdS_b/s72-c/Perumusan+Strategi+Komunikasi.jpg
Catatan Sinine
https://catatansinine.blogspot.com/2018/03/4-komponen-perumusan-strategi-komunikasi.html
https://catatansinine.blogspot.com/
https://catatansinine.blogspot.com/
https://catatansinine.blogspot.com/2018/03/4-komponen-perumusan-strategi-komunikasi.html
true
6835835787765942029
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy