Memanajemen Waktu Dengan Tepat

cara manajemen waktu yang tepat. mulai perencanaan hingga pelaksanaan. salah satu kunci sukses adalah manajemen waktu yang tepat.



Makna waktu bagi seseorang ditentukan oleh bagaimana orang tersebut memaknai serta memahami waktu. Jika kita menyadari betapa pentingnya waktu serta bagaimana menjadikan waktu yang kita lalui bermakna, kita akan menyadari bahwa waktu itu sangat berharga. Mengingat waktu yang telah kita lalui tak dapat diulang, sehingga kita akan berusaha memanfaatkanya dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga:

Mungkin ada banyak hal yang ingin kita lakukan dan kita alami dalam hidup ini, agar semuanya dapat dilakukan dengan baik tentunya membutuhkan manajemen waktu yang tepat. Kesalahan dalam manajemen waktu menjadikan apa yang menjadi tujuan kita sering terabaikan bahkan tak jarang terlewat karena waktunya telah habis. Nah, agar hal-hal yang ingin kita lakukan bisa tercapai bagaimana cara mengaturnya ?

Ada 3 hal yang harus kita miliki dalam man ajemen waktu yang baik yaitu: a goal - a plan - take action.
  • A goal ( tujuan )
Apa tujuan yang ingin kita capai dalam hidup ini? Mengapa kita ingin mencapai itu? Masing-masing orang tentu memiliki jawaban yang berbeda, namun setiap orang harus punya. Hal ini sangat penting, karena banyak orang yang menjalani hari-hari hidupnya tanpa tahu untuk apa ia hidup, mau ke mana tujuanya, sehingga hidup menjadi seperti petualangan tanpa arah atau hanya sebuah rutinitas. Padahal hidup adalah sebuah perjalanan yang perlu direncanakan dengan baik.

Jika anda belum menemukan tujuan hidup anda, ambillah waktu untuk memikirkan dan merenungkan hal itu. Bila perlu minta bantuan pada orang yang mampu membimbing kita. Ini adalah langkah awal yang penting, jangan di hari tua kita baru menyesal "Mengapa aku tidak menata hidupku sejak muda?" atau kita baru menyadari "Mengapa hidupku jadi begini?". Tentu di saat itu semuanya sudah terlambat.

Setelah kita tahu apa yang ingin kita capai dalam hidup (ini adalah tujuan jangka panjang), kita dapat melanjutkannya dengan membuat tujuan-tujuan atau target-target jangka pendek, sebagai langkah untuk mencapai tujuan akhir. Target untuk 5 tahun mendatang, target tahun ini, target semester ini, bahkan target hari ini. Tujuan/target bisa lebih dari satu, misalnya target dalam bidang studi, pekerjaan, spiritual, dan sebagainya. Buatlah target yang realistis (sesuai kemampuan) dan konkrit. Bila perlu tuliskan pada catatan anda.

  • A plan ( rencana )
" If you fail to plan, you plan to fail." Pernyataan ini menunjukkan betapa pentingnya sebuah perencanaan. Jika kita sudah punya tujuan/target yang jelas, kita dapat merencanakan langkah dan cara untuk mencapai tujuan kita. Beberapa langkah yang dapat kita lakukan diantaranya:  
1.      Mengatur aktivitas
Evaluasi kembali aktivitas-aktivitas yang biasa kita lakukan. Dari sekian banyak aktivitas yang ada, pilihlah mana yang perlu dilakukan, mana yang tidak. Apa aktivitas yang lebih baik kita lakukan di waktu luang, misalnya: apakah kita sering menghabiskan waktu untuk hal yang kurang bermanfaat? Apakah ada kegiatan yang lebih bermanfaat yang dapat kita lakukan? Mungkin belajar bahasa Inggris, jika ternyata kita punya tujuan menjadi Public Relattions yang handal, sedangkan kemampuan bahasa Inggris kita masih kurang. Jadi pada tahap ini kita menyeleksi aktivitas dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditargetkan. 
2.      Menentukan prioritas
Dari sekian banyak aktivitas yang sudah kita seleksi, seringkali kita masih ingin melakukan banyak hal : kuliah, les bahasa Inggris, les musik, olahraga, berkumpul dengan teman-teman, ikut organisasi atau pelayanan, bekerja paruh waktu, dan sebagainya. Jika kita ingin melakukan semuanya, mungkin bisa, tapi hasilnya belum tentu optimal, dan bisa jadi yang terpenting justru terabaikan. Misalnya: karena terlalu asyik berorganisasi, kuliah jadi terlantar.
Kita harus menentukan aktivitas-aktivitas yang harus mendapat prioritas utama, dan aktivitas-aktivitas yang boleh kita lakukan, namun pada porsi yang tepat. Sebagai contoh: olahraga itu penting, kita perlu menyediakan waktu untuk itu, tapi tidak perlu menjadi prioritas utama, jika tujuan kita bukan untuk menjadi seorang atlet. Jadi apabila suatu saat kita dihadapkan pada dua pilihan, misalnya sore ini harus kerja kelompok padahal diwaktu yang sama adalah jadwal main basket dengan teman-teman. Kita bisa menentukan mana yang harus kita dahulukan, karena kita tahu apa prioritas kita. 
3.      Membuat rencana yang realistis
Jika kita sudah menentukan target yang realistis, maka kita juga perlu membuat rencana yang realistis. Misalkan dalam semester pertama kita punya target untuk mencapai IP di atas 3,5. Kita membuat rencana agar target itu tercapai. Kita membuat jadwal belajar secara teratur, berapa jam sehari, kapan waktu yang terbaik, dan sebagainya. Buatlah semua itu secara realistis, sehingga kita dapat sungguh-sungguh melaksanakannya.
4.      Melaksanakan rencana secara fleksibel
Terkadang rencana yang sudah kita buat, terganggu oleh hal-hal yang tidak terduga. Misalkan nanti malam adalah jadwal kita belajar, tapi ternyata ada acara penting yang harus kita hadiri. Jika acara itu memang penting dan tidak dapat ditunda, batalkan jadwal belajar dan carilah waktu pengganti. Tapi perlu diwaspadai, jangan suka mengubah rencana karena tergoda dengan hal-hal yang kurang penting. Jika ada kegiatan di luar rencana yang ingin kita lakukan, aturlah waktu sehingga hal yang penting tetap dapat kita laksanakan.
5.      Membuat agenda harian
Mempunyai jadwal kegiatan harian akan sangat membantu kita untuk memanajemen waktu yang kita miliki setiap hari, namun tidak semua orang mau membuatnya secara detil. Paling tidak kita harus mencatat hal-hal penting yang harus kita lakukan di agenda harian, sehingga di pagi hari kita sudah tahu apa yang harus kita lakukan pada hari itu dan bagaimana cara kita mengatur waktu untuk menyelesaikan semuanya. Target jangka panjang akan tercapai jika kita mampu mendisiplin diri untuk menyelesaikan target-target harian.

  • Take action ( bertindak )
Lakukan apa yang sudah direncanakan! Jika tidak, semua target dan rencana yang kita buat tidak punya arti apa-apa. Beberapa hal yang harus kita waspadai diantaranya:  
1.      Penyakit malas menyerang
Saat malas menyerang seringkali kita membuat berbagai alasan pembenaran. Misalnya "lagi nggak mood", "waktunya nggak pas buat belajar" dan sebagainya. 
2.      Kebiasaan menunda pekerjaan
Ini juga hal sering menyerang ketika kita berusaha komitmen dengan waktu dan tujuan. Kebiasaan menunda pekerjaan jika dibiarkan akan menjadi kebiasaan buruk bagi diri sendiri. Misalnya kita beralasan "besok masih ada waktu kok", "sebentar lagi ah", " deadline masih minggu depan".
3.      Tidak mampu mendisiplin diri sendiri
Kalau sudah terlanjur berselancar di internet atau main game, lupa segalanya. Hmmmm, bahaya nih! Hiburan boleh, namun jangan sampai menguras waktu produktif kita.
4.      Tidak berani mengatakan "tidak"
Sungkan menolak teman yang tiba-tiba mengajak keluar atau ngobrol lewat telepon? Coba ingat kembali tujuan dan komitmen anda. Sesekali menolak ajakan teman, tidak masalah. Namun jangan sampai menyakiti hatinya, sampaikan alasan anda menolaknya dengan baik, sehingga teman kita tidak merasa tersakiti.

Kemampuan manajemen waktu dengan tepat berkaitan erat dengan kebiasaan kita sehari-hari. Jika kita sudah terbiasa hidup tanpa perencanaan, atau terbiasa menunda-nunda sesuatu, akan sangat sulit mendisiplin diri dengan jadwal waktu yang terencana. Dalam mengubah kebiasaan merupakan hal sulit, namun kesuksesan dapat diraih dengan kemauan dan keberanian serta kerja keras untuk berubah. Tentunya berubah ke arah yang lebih baik dari hari ke hari, terutama dalam hal manajemen waktu denan tepat.

There never has been, and cannot be, a good life without self control
(Leo Tolstoy)

There are no secrets to success. It is the result of preparation, hard work, and learning from failure.
(Colin Powell)

Quality is never an accident; it is always the result of intelligent effort.
(John Ruskin)

COMMENTS

Name

1000 Masjid,2,Belajar,53,Ceritaku,41,Cinta,3,Diri,13,Gaya Hidup,4,Hiburan,11,Islam,6,Komunikasi,20,Manajemen,9,Motivasi,27,Psikologi,2,Public relations,15,Sahabat,5,Sosial,13,Tips,33,Travel,4,Trending,9,Tutorial,2,
ltr
item
Catatan Sinine: Memanajemen Waktu Dengan Tepat
Memanajemen Waktu Dengan Tepat
cara manajemen waktu yang tepat. mulai perencanaan hingga pelaksanaan. salah satu kunci sukses adalah manajemen waktu yang tepat.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhR7UTxFkMugAC2dBpCwXICh0tvyb4RDyuD7MheXKBVpIs0yjqhtsRNbLlV7JAI6Gpu-dC69DHGfrekCRyPwjmLoN9E_POeAA0SW9NaiQ7TI219RusDdpWnHY_T4L0FKi2H1wVgYCZLlrxL/s1600/waktu.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhR7UTxFkMugAC2dBpCwXICh0tvyb4RDyuD7MheXKBVpIs0yjqhtsRNbLlV7JAI6Gpu-dC69DHGfrekCRyPwjmLoN9E_POeAA0SW9NaiQ7TI219RusDdpWnHY_T4L0FKi2H1wVgYCZLlrxL/s72-c/waktu.jpg
Catatan Sinine
https://catatansinine.blogspot.com/2017/05/memanajemen-waktu-dengan-tepat.html
https://catatansinine.blogspot.com/
https://catatansinine.blogspot.com/
https://catatansinine.blogspot.com/2017/05/memanajemen-waktu-dengan-tepat.html
true
6835835787765942029
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy