Meskipun tujuan akhir Public Relations dan Marketing erat kaitanya, namun terdapat perbedaan yang jelas dalam....
Istilah "Public Relations" dan "Marketing" merupakan dua hal yang berbeda. Namun banyak orang, merasa kesulitan membedakan keduanya. Apalagi seiring perkembangan pesat berbagai media sosial sejak beberapa tahun terakhir semakin menambah kebingungan dengan mengaburkan garis antara keduanya lebih jauh. Banyak kebingungan muncul akibat banyak tujuan yang tumpang tindih, dan seringnya terjadi kolaborasi antara keduanya. Meskipun tujuan akhir Public Relations dan Marketing erat kaitanya, namun terdapat perbedaan yang jelas dalam taktik keduanya untuk mencapai tujuan tersebut. Untuk lebih jelasnya mengenai Public Relations Sobat bisa membaca Tahapan Kerja Public Relations.
Lalu apa perbedaan Public Relation dan Marketing? Jawaban singkatnya yaitu:
"Perbedaan utama antara keduanya adalah bahwa pemasaran terfokus pada mempromosikan produk, layanan atau ide spesifik; dan meningkatkan penjualan, sementara hubungan masyarakat difokuskan untuk mempertahankan reputasi positif bagi perusahaan secara keseluruhan."
Nah, begitulah jawaban singkat perbedaan Public Relations dan Marketing. Meskipun aktivitas keduanya sama-sama bekerja untuk meningkatkan kedudukan perusahaan, namun strategi, fokus, dan ukuran keberhasilan mereka sangat berbeda. Untuk lebih jelasnya berikut penjelasan lengkap mengenai 3 Perbedaan Public Relations dan Marketing:
Baca juga:
1. Fungsi
Public Relations dan Marketing memiliki fungsi yang berbeda. Fungsi Public Relations adalah membangun hubungan yang baik dengan publik kunci organisasi. Sedangkan Marketing adalah tentang mempromosikan dan menjual produk atau layanan, termasuk riset pasar dan periklanan.
2. Targetkan pemirsa
Public Relations dan Marketing menargetkan audiens yang berbeda . Target Marketing adalah pelanggan. Marketing bekerja sangat keras untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Sedangkan Public Relations, audiens terdiri dari berbagai publik (pelanggan, karyawan, pemasok, investor, media, dll.), yang secara kolektif mendukung tujuan organisasi.
3. Metrik keberhasilan strategi
Baik profesional Public Relations maupun Marketing mengukur keberhasilan kampanye mereka setelah penerapannya. Keduanya menggunakan berbagai metrik untuk mengukur keberhasilan mereka. Kampanye Marketing yang sukses akan menjadi salah satu yang memenuhi sasaran penjualan dan menghasilkan laba dan ROI yang tinggi. Sedangkan Public Relations mendefinisikan kesuksesan melalui hubungan yang saling menguntungkan yang mereka bangun dengan audiensi utama.
Baik Public Relations maupun Marketing, keduaya berfungsi untuk mencapai tujuan perusahaan dan memenuhi misinya. Memahami perbedaan antara keduanya membantu perusahaan menyusun strategi, dan mengarahkan perusahaan mencapai audiens dan target yang tepat sehingga hasilnya maksimal. Profesional Public Relations dan Marketing yang cerdas harus mengintegrasikan Public Relations dan Marketing ke dalam strategi mereka untuk mencapai keberhasilan organisasi.
Baca Juga:
Saat ini dengan muncul dan menjamurnya berbagai media sosial seperti Instagram, Faceboo Twitter dan lainya telah menantang definisi tradisional Public Relations dan Marketing, sebagai penggabungan dari keduanya. Di satu sisi, media sosial menawarkan dialog langsung, membangun hubungan dengan publik, dan sebagai fungsi Public Relations. Di sisi lain, konten media sosial dan kampanye iklan secara langsung mempromosikan produk dan layanan kepada pelanggan, yang merupakan kegiatan Marketing.
COMMENTS