Mengatasi Bingung Dalam Menghadapi Masalah

Cara mengatasi bingung dalam menghadapi masalah

Cara Ampuh Mengatasi Bingung Dalam Menghadapi Masalah
Hi sobat! Pernahkah sobat merasa bingung? Di zaman seperti sekarang berbagai masalah makin kompleks. Entah itu komplikasi dari masalah keluarga, kuliah, persahabatan, cinta, ataupun masalah-masalah lain sering kali membuat kita merasa bingung. Nah, jika dibiarkan bingung bisa membuat jiwa seseorang jadi kosong, lemah atau merana.
Baca juga:

“Galau!!” merupakan sebuah kata-kata yang sedang naik daun, di mana kata-kata itu menandakan seseorang tengah dilanda rasa kegelisahan, kecemasan, serta kesedihan pada jiwanya. Tak hanya laku di facebook, twitter atau media sosial (medsos) saja, bahkan di media televisi pun orang-orang seakan-akan dicekoki dengan kata-kata “galau” tersebut. Di dunia nyata juga gak kalah hebohnya. 

Pada dasarnya, manusia adalah sosok makhluk yang paling sering dilanda kebingungan lho! Ketika seseorang dihadapkan pada suatu masalah, sedangkan dirinya belum atau tidak siap dalam menghadapinya, tentu jiwa dan pikirannya akan menjadi guncang dan hal tersebut sudah menjadi fitrah bagi setia manusia. Tapi sobat harus ingat bahwa setiap masalah ada solusinya.

Baca juga:

Ada beberapa hal penting yang harus sobat lakukan ketika bingung diantaranya:

A. Sabar
Jika sobat tengah dilanda kebingungan maka tetaplah bersabar. Dalam menghadapi masalah hendaknya selalu bersabar. Karena dengan kesabaran itulah seseorang akan lebih bisa menghadapi setiap masalah berat yang mendatanginya. Selain menenangkan jiwa, sabar juga dapat menstabilkan kacaunya akal pikiran akibat beratnya beban yang dihadapi.

B. Berdoa
Berdo'a juga jadi hal yang patut sobat lakukan ketika dilanda kebingungan. Memohon dan mengadulah kepada Yang Maha Kuasa. Ketika seseorang menghadapi persoalan yang sangat berat, maka sudah pasti akan mencari sesuatu yang dapat dijadikan tempat mengadu dan mencurahkan isi hati yang telah menjadi beban baginya. Mengingat bahwa manusia adalah makhluk yang banyak sekali dalam mengeluh, tentu ketika keluhan itu diadukan kepada Sang Maha Pencipta, maka semua itu akan meringankan beban berat yang selama ini kita derita.

C. Berfikir positif 
Tetaplah berfikir positif. Gak selamanya bingung adalah hal yang buruk lho! Bingung bisa jadi pertanda sobat punya beberapa pilihan yang amat sulit diputuskan. Dalam bingung itu selalu ada peluang sekaligus ancaman. Maka dari itu tetap berfikir positif adalah sikap yang tepat, agar sobat bisa melihat setiap peluang dalam masalah yang membuat sobat bingung.

Cara Ampuh Mengatasi Bingung Dalam Menghadapi Masalah

1. Melihat kebelakang
Jika saat ini sobat sedang merasa bingung, coba deh sobat melihat ke masa lalu. Apakah sebelumnya sobat pernah menghadapi masalah yang sama atau setidaknya memiliki kemiripan dengan masalah yang membuat sobat bingung saat ini. Dengan begitu sobat bisa belajar dari pengalaman bukankah ada pepatah yang mengatakan "pengalaman adalah guru terbaik"

Bukan berarti sobat harus belajar dari pengalaman sobat saja. Jika sobat belum pernah mengalaminya, sobat bisa juga belajar dari orang lain. Cobalah untuk bertanya kepada orang yang lebih berpengalaman. Dengan begitu kita bisa belajar dari pengalaman orang lain. Ada yang mengatakan bahwa, jika anda ingin berhasil, maka seringlah bertanya pada mereka yang telah berhasil. 

2. Melihat ke depan
Yups, selain melihat ke belakang, untuk mengatasi bingung dalam menghadapi masalah adalah melihat ke depan. Maksudnya adalah sobat harus bisa melihat konsekuensi dari setiap keputusan yang sobat ambil. Coba sobat pikirkan apa yang akan terjadi hari, bulan dan tahun-tahun berikutnya setelah sobat mengambil keputusan. Dengan begitu sobat akan mengetahui manfaat serta kerugian yang akan sobat hadapi nantinya. 

3. Melihat dari atas
Coba sobat bayangkan jika saat ini sobat sedang terjebak kemacetan, sekarang bagaimana sobat mencari alternatif jalan terbaik untuk menghindari kemacetan? Pasti cukup sulit. Tapi coba sekarang sobat bayangkan jika sobat berada di helikopter, pasti sobat dengan mudah mencari jalan alternatif untuk mencapai tujuan sobat. 
Cara ketiga ini lebih memfokuskan untuk mencari solusi permasalahan yang sobat hadapi dengan menguraikanya. Sobat harus mengetahui apa penyebab masalah itu terlebih dahulu. Sobat juga perlu mengetahui seberapa besar masalah tersebut. Baru setelah itu mencari jalan keluarnya. Sehingga nantinya sobat bisa menemukan pilihan alternatif untuk menyelesaikanya.

Itu tadi beberapa cara mengatasi bingung dalam menghadapi masalah. Semoga bermanfaat dan membantu bagi sobat yang saat ini lagi bingung. 

COMMENTS

Name

1000 Masjid,2,Belajar,53,Ceritaku,41,Cinta,3,Diri,13,Gaya Hidup,4,Hiburan,11,Islam,6,Komunikasi,20,Manajemen,9,Motivasi,27,Psikologi,2,Public relations,15,Sahabat,5,Sosial,13,Tips,33,Travel,4,Trending,9,Tutorial,2,
ltr
item
Catatan Sinine: Mengatasi Bingung Dalam Menghadapi Masalah
Mengatasi Bingung Dalam Menghadapi Masalah
Cara mengatasi bingung dalam menghadapi masalah
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj_mqpVCXS9XPd3KIO7rwX8m5rbLbPLk6J2cWvYX8oTQHESWHMd3XfPBY3sNYAlOdcbT_EvChtkHHMovUS2NAcZRX1gCbDfiUpESCKtZv9oIxR2HA_T_RgHC6r584mDHGCoevcH9Q5DMDHS/s320/images+%25281%2529.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj_mqpVCXS9XPd3KIO7rwX8m5rbLbPLk6J2cWvYX8oTQHESWHMd3XfPBY3sNYAlOdcbT_EvChtkHHMovUS2NAcZRX1gCbDfiUpESCKtZv9oIxR2HA_T_RgHC6r584mDHGCoevcH9Q5DMDHS/s72-c/images+%25281%2529.jpg
Catatan Sinine
https://catatansinine.blogspot.com/2016/03/mengatasi-bingung.html
https://catatansinine.blogspot.com/
https://catatansinine.blogspot.com/
https://catatansinine.blogspot.com/2016/03/mengatasi-bingung.html
true
6835835787765942029
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy