Kunci untuk menulis press release yang sukses terletak pada kemampuan dokumen untuk menarik perhatian pembaca dengan....
Press release atau siaran pers merupakan jenis komunikasi yang biasanya digunakan untuk mengumumkan berita umum, acara atau rilis produk. Meskipun press release mirip dengan artikel berita, namun tidak ditulis oleh wartawan. Sebaliknya, organisasi atau lembaga yang mewakili organisasi menulis dan mengirim press release kepada kantor berita. Jurnalis atau editor dapat mempublikasikan press release sebagaimana adanya, atau mereka dapat menggunakan bagian-bagiannya dalam berita yang lebih besar. Lebih jelasnya Sobat bisa membaca Pengertian dan Penulisan Press Release.
Kunci untuk menulis press release yang sukses terletak pada kemampuan dokumen untuk menarik perhatian pembaca dengan judulnya dan menjelaskan semua yang perlu diketahui pembaca dalam paragraf pertama. Berikut ini 9 Unsur Press Release yang Harus Anda Ketahui, yaitu:
1. Kop surat / Logo
Sebaiknya letakkan logo atau kop surat organisasi pada bagian atas press release. Hal ini memudahkan staf pers untuk mengidentifikasi dari mana press release berasal dan memberikan kredibilitas pada press release.
2. Informasi Kontak
Setelah staf pers membaca press release, mereka mungkin ingin menghubungi lembaga atau organisasi untuk mengetahui informasi lebih lanjut. Untuk itu, sertakan informasi kontak seperti nama, nomor telepon, email, alamat surat, dan informasi kontak lainnya.
3. "Untuk Rilis Segera"
Seringkali, lembaga atau organisasi ingin berita dipublikasikan secepatnya. Dalam hal ini, harus memasukkan "Untuk segera dirilis" ke bagian atas press release. Ini menunjukkan kepada pers bahwa tidak ada periode penundaan untuk publikasi. Jika memutuskan untuk meminta penundaan publikasi hingga tanggal tertentu, maka juga harus menunjukkan itu juga.
4. Judul dan sub-judul
Press release harus memiliki judul yang menarik perhatian dan memberikan gambaran singkat tentang mengapa berita tersebut layak diberitakan. Sub-judul harus menggambarkan judul secara lebih detail. Keduanya biasanya ditulis dalam format subjek-kata kerja-objek dan harus sekitar 70 karakter paling banyak.
5. Dateline
Ini adalah baris pertama dari paragraf pertama yang berisi tanggal rilis, kota, dan negara. Penting bagi wartawan untuk mengetahui bahwa mereka menerima informasi paling terkini, bahkan jika press release ditulis beberapa hari yang lalu, masukkan tanggal press release didistribusikan.
6.Body
Body adalah tempat di mana berita itu ditulis. Penting untuk mengetahui bahwa press release mengikuti gaya Piramida Terbalik . Ini berarti bahwa semua informasi kunci diberikan di awal dan selanjutnya informasi harus mengikuti dalam urutan kepentingan yang semakin berkurang. Paragraf pertama harus secara ringkas merangkum seluruh cerita, dengan jelas menjelaskan siapa, apa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana kisah itu terjadi (atau akan terjadi). Paragraf berikutnya menggambarkan unsur-unsur yang sama secara lebih rinci. Meskipun ada cara untuk membingkai rincian ini untuk memberikan sudut pandang tertentu pada cerita, penting untuk menulis fakta saja. Tubuh bukanlah tempat untuk memasukkan pendapat tentang suatu masalah, bagian ini harus mudah bagi media untuk diterbitkan secara langsung.
7. Kutipan
Press release seharusnya didorong fakta, tetapi Anda akan sering ingin memasukkan beberapa pendapat formal tentang isu-isu dari organisasi Anda. Kutipan dari perwakilan organisasi (biasanya direktur atau pimpinan proyek) adalah cara yang baik untuk mencapai tepi editorial ini. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk memasukkan kutipan dari pihak ketiga yang dapat menambahkan kredibilitas ke cerita Anda. Ini mungkin pakar konten, pemimpin komunitas, atau konstituen yang terpengaruh oleh cerita Anda. Pastikan judul Anda diformat dengan benar, dan jangan biarkan kutipan menutupi fakta-fakta — alih-alih gunakan itu untuk menyoroti dan mendukung narasi yang telah Anda tulis.
8. Boiler
Boiler ialah paragraf pendek yang menggambarkan lembaga atau organisasi yang mengirimkan press release. Pada paragraf ini mencakup informasi latar belakang independen, seperti saat didirikan atau sejarah singkat.
9. ###
Ini menunjukkan akhir press release sehingga wartawan atau editor tidak kehilangan informasi apa pun. Jika press release lebih panjang dari satu halaman, masukkan "--more--" di bagian bawah setiap halaman sebelum yang terakhir.
Baca Juga:
Demikian 9 Unsur Press Release yang Harus Anda Ketahui. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Sobat untuk membuat press release yang sukses.
COMMENTS